Minggu, 12 Mei 2013

9 Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Bila Berlama-lama Di Komputer

Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Bila Berlama-lama Di Komputer - Pada jaman modern era komunikasi saat ini manusia tidaklah terlepas hidupnya dari komputer,dimana komputer itu merupakan media yang memancarkan sinar radiasi dari layarnya.radiasi itu akan membuat mata kita mudah terasa lalah atau perih bila terus-terusan mengenai mata kita yang akan membuat mata kita bisa rusak.




Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Bila Berlama-lama Di Komputer.

Berikut info dari saya tentang Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Bila Berlama-lama Di Komputer.
  1. Pola Makan,semua kegiatan manusia memerlukan energi untuk tubuh yang mana energi itu berasal dari makanan.khusus untuk yang berlama-lama didepan komputer makanan yang saya sarankan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin A yang berasal dari sayur-sayuran.
    Usahakan bagi kamu untuk membuat makanan ini menjadi menu Wajib dan makan dengan porsi lebih dari yang biasa di makan.
  2. Tata Cahaya Ruangan,Bagi kamu yang sering duduk dengan komputer didalam ruangan tertutup usahakan agar cahaya dari luar lebih terang dari cahaya layar komputer.
  3. Setiap beberapa saat alihkan pandangan mata ke objek yang jauh,tujuannya agar otot mata tetap tergerak dan tidak menjadi kaku.
  4. Mengedipkan Mata,kelihatannya mengedipkan mata adalah hal yang sepele bagi kita.tetapi perlu diketahui mengedipkan mata adalah suatu proses melumasi atau membasahi bola mata kita yang bertujuan untuk membersihkan mata.
  5. Lakukan pijatan lembut pada mata,caranya sangat sederhana yaitu tinggal rilekskan badan dan pejamkan mata lalu kamu tekan kedua mata dengan jari dengan lembut dan putar-putar jari kamu dengan santai,boleh juga memijat pada bagian alis yang bertujuan merileksasikan mata.
  6. Menjaga Jarak Pandang Mata,Jarak pandang yang baik itu adalah antara 50cm-75cm.
  7. Memakai Kaca Mata Pelindung,hal ini boleh kamu pakai jika kamu ingin mendapatkan perlindungan extra untuk mata kamu.dampak dari memakai kaca mata pelindung ini sangat terasa.karena mata kita tidak langsung terkena sinar radiasi dari layar komputer yang membuat mata kita rileks dan nyaman apabila berlama-lama didepan komputer.
  8. Jangan Merokok,Asap rokok tidak hanya membuat efek negatif pada paru-paru kita.asap rokok juga bisa mengakibatkan mata kita perih.dalam berkomputerisasi mata akan terasa perih dan apabila ditambah dengan asap rokok akan membuat mata kita semakin cepat lelah dan perih yang akan menimbulkan dampak kerusakan pada mata kita.
  9. Istirahatkan Badan,usahakan mengistirahatkan badan kamu selama 20-30 menit setelah beberapa jam dari berkomputerisasi.

Adapun gejala yang timbul akibat berlama-lama di depan komputer antara lain mulai dari :

  • yang ringan : Mata kering,terasa berat di dahi dan kelopak mata,perih dan gatal dan lain-lain.
  • yang berat : pembuluh mata pecah biasanya akan terlihat urat berwarna merah sebesar benang wol di bola mata,miopia atau rabun jauh,glaukoma atau penurunan fungsi mata dan lain-lain.
Sayangilah mata kamu karena mata adalah Anugerah Tuhan dan organ vital yang rawan rusak apabila diperlakukan dengan salah.
seperti kata orang bijak "mencegah adalah hal yang jauh lebih baik dari pada mengobatinya".

Demikian info Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Bila Berlama-lama Di Komputer dari saya,semoga materi artikel ini bisa membantu kamu dalam menyelesaikan dilemanya selama ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar